Mobil Ramah Lingkungan Andalan Para APM

Mobil ramah lingkungan bermunculan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Walaupun demikian sebagian besar masih merupakan prototype atau sekadar konsep saja. Namun ada beberapa yang sudah bisa dibeli.

mobil ramah lingkungan

Beberapa agen pemegang merek (APM) mobil seperti Honda, Daihatsu, Toyota, Nissan, dan Geely memajang mobil yang diklaim irit bahan bakar serta menggunakan energi terbarukan hingga akhir bulan ini di Kemayoran, Jakarta.

Honda
Honda memperkenalkan Honda New CR-Z yang merupakan mobil hybrid. Walaupun masih menggunakan bahan bakar fosil, CR-Z juga memanfaatkan motor listrik sebagai pendukung mesin bensinnya.

Diajang IIMS 2012, HPM juga mulai membuka pesanan untuk New CR-Z dengan harga yang istimewa untuk konsumennya. New CR-Z transmisi manual ditawarkan dengan harga Rp475 juta dan New CR-Z transmisi CVT dengan harga Rp489 juta. Dan pengiriman ke konsumennya akan dilakukan di Februari 2013.

Honda New CR-Z

New CR-Z ini dibekali mesin i-VTEC 1.5-liter yang dipadukan dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Performa mesin ini menghasilkan daya maksimal 120 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi manual enam percepatan dan 118 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi CVT.

Daihatsu
Kemudian ada Daihatsu dengan FC (Fuel Cell). Desain luar yang dimilikinya mirip dengan Grand Max namun interiornya mengusung konsep futuristik. Terdapat panel digital di dasbornya. FC masih sebuah konsep, jadi pengunjung hanya bisa memandanginya selama IIMS berlangsung.

Toyota
Kubu Toyota mengeluarkan mobil yang berasal dari koleksi komersialnya, yaitu Toyota All New Camry Hybrid. Sedan mewah ini memiliki mesin 2.500 cc dan dibanderol dengan harga Rp635 juta. Camry masuk dalam daftar mobil tersukses di dunia tahun 2012.

Toyota Camry Hybrid

Nissan dan Geely
Lalu Nissan dan Geely juga tak mau kalah. Nissan membawa Leaf, mobil yang juga menggunakan tenaga listrik ini memiliki selot charger di sisi depan. Sedangkan Geely nampak heboh dengan Panda yang penampilannya mungil. Tapi Panda masih menggunakan bahan bakar minyak. Panda sudah dikomersialkan dan dijual dengan harga Rp98 juta.

Nissan Leaf Belum Bisa Dijual di Indonesia

Nissan Leaf sendiri berstatus sebagai kendaraan listrik massal pertama di dunia, yang tampil pertama kalinya di Indonesia. Kehadiran Nissan Leaf menjadi bukti nyata Nissan dalam menciptakan kendaraan nol emisi.

Mengusung konfigurasi kendaraan berkapasitas lima penumpang, Leaf didukung dengan motor listrik yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 80 kW atau setara dengan 107 tenaga kuda.

Nissan Leaf

Nissan Leaf mencatat akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam di bawah 10 detik, sebelum mendapai top speed di angka 145 km/jam. Leaf tidak menggunakan bahan bakar, energi didapat dari listrik yang disimpan dalam baterai, dengan jarak jelajah sejauh 160 km, sekali pengisian baterai.

"Nissan Leaf belum bisa dijual di Indonesia, karena infrastruktur mobil listrik di sini belum memadai. Kendala kedua ada di masalah harga, sulit mengejar harga yang terjangkau untuk mobil listrik ini," jelas Vice President Director sales & Marketing PT NMI Teddy Irawan, di pembukaan booth Nissan, Kamis (20/9/2012).

Teddy juga menjelaskan, belum siapnya infrastruktur mobil listrik di Indonesia juga disebabkan semua pabrikan belum serentak menelurkan varian mobil listrik.

Source&images credits: mediaindonesia.com , okezone.com

Follow My Twitter: @tomiutomo
Follow my twitter @tomiutomo

No comments for "Mobil Ramah Lingkungan Andalan Para APM "