Cara Memakai Head Unit Android di Toyota Vios Terbaru

Cara Memakai Head Unit Android di Toyota Vios Terbaru

Gadget seperti smartphone atau tablet memang sulit lepas dari genggaman. Kemana dan dimana pun Anda berada, perangkat personal ini akan selalu menemani. Nah, melihat tren itu, Toyota mengambil langkah inovatif dengan menyematkan head unit “bergaya” gadget pada Toyota Vios G terbaru.

Cara Memakai Head Unit Android di Toyota Vios Terbaru



Desainnya saja sudah menggambarkan sebuah gadget. Berbentuk kotak, head unit ini tampak simpel dan hanya dilengkapi beberapa tombol utama. Seperti menu dan naik-turun volume. Kaca bening pada monitor 7 inci menguatkan aroma gadget.

Namun tidak hanya itu kebisaan head unit yang kualitas suaranya terbilang memadai ini. Seperti diketahui, syarat sebuah gadget adalah adanya jaringan data yang membuatnya mampu terhubung dengan dunia maya. Nah, audio Vios G ini bisa membuat Anda terhubung dan melakukan brow­sing internet.

Kendati demikian, head unit ini belum dilengkapi slot SIM card sebagai kelengkapan utama jaringan data. Sistemnya masih ‘membonceng’ jaringan data milik gadget Anda. Oleh karena itu, sebelum browsing internet, Anda harus mengoneksikan gadget dengan head unit melalui prosedur teethering.

Setting Wi-Fi dalam proses teethering Portable Wi-Fi hotspot Tampilan menu utama head unit Toyota Vios G Fitur M-Toyota agar Anda tetap terhubung dengan program dan aftersales Toyota

Lalu aktifkan fitur Portable Wi-Fi Hotspot pada gadget, lakukan pairing antara ke­duanya. Setelah berhasil, Anda bisa browsing internet di monitor head unit. Menariknya, head unit ini juga bisa dijadikan sebagai portable hotspot. Jadi, penumpang lain di mobil bisa mendapatkan akses data dan tidak kehilangan koneksi dengan dunia maya.

Toyota sengaja tidak memasang slot SIM card pada head unit agar sistemnya tidak berdiri sendiri dan Anda tidak kehilangan personal touch de­ngan gadget kesayangan.

Oh ya, semua metode pengaturan terdapat di menu Setup.

Satu lagi metode komunikasi dengan gadget adalah via fitur DLNA atau Digital Living Network Alliance. Sistem baru ini membuat head unit bertindak layaknya gadget karena konten digital dari gadget bisa di­tampilkan di head unit.

Selain itu file digital pada gadget, seperti musik, video, dan gambar dapat ditampilkan di head unit secara real time. Dengan begitu, selama mengarungi kemacetan jalan, Anda tetap dapat mendengarkan lagu kegemaran dari playlist gadget dengan mudah.

File foto dari gadget yang bisa ditampilkan di layar head unit

Koneksi telepon via Bluetooth

Audio berbasis Android yang mampu memainkan file lagu dengan beragam moda konektivitas

Metode koneksi lainnya adalah via Bluetooth. Cara ini sudah banyak digunakan sistem audio mobil lainnya. Masih kurang?

Head unit ini menggunakan operation system Android Froyo 2.2 ini juga bisa terhubung dengan iPod via colokan di sisi kirinya. Di sini juga tersedia slot untuk mencolokkan USB dan SD card. Pokoknya, apapun medianya, head unit Vios G dapat terhubung dengan mudah dengan perangkat personal Anda.

Yang tak kalah menarik, terdapat pilihan menu Voice Recognition (VR). Fitur ini adalah alias dari voice command. Anda dapat mengubah menu melalui suara, atau melakukan panggilan telepon dan membaca SMS.


Tidak Bisa Update
Meski mengusung OS Android, tapi Anda tidak bisa meng-update sistem bawaan head unit. Termasuk juga Anda tidak bisa download aplikasi dari Play Store. Perbedaan resolusi layar dan interface dengan gadget kebanyakan akan menimbulkan masalah jika dipaksakan.

Perhatian!
Dengan alasan apapun, jangan melakukan browsing internet saat mengemudi. Pelajari dulu hingga paham cara mengoperasikan head unit sehingga tak perlu bingung menggunakannya saat berkendara. Teralihkannya konsentrasi mengemudi dapat berakibat fatal.
Bisa pula terkoneksi via jalur Bluetooth Tersedia colokan USB dan SD card di sisi head unit Fitur DLNA bisa mengakses konten file yang ada dalam personal gadget Anda

Gesture Guide
Salah satu interaksi personal antara pengguna dengan gadget adalah ketika Anda melakukan proses pencarian dengan menyapu atau swipe permukaan monitor smartphone. Nah, hal itu juga diterapkan pada head unit ini. ‘Rasa’ yang disajikan cukup intuitif walau kadang terasa ada jeda.

Selain untuk mencari, swipe juga berfungsi sebagai shortcut. Saat radio menyala, jika Anda “menyapu” dari kanan ke kiri atau sebaliknya dengan satu jari, maka stasiun radio akan berpindah ke yang terdekat. Namun jika disapu dari atas ke bawah atau sebaliknya, stasiun radio akan berpindah sesuai list pada memori.

Beda dengan dua jari. Saat disapu ke kiri, maka volume akan bertambah. Sementara jika ke kanan, volume akan turun. Selanjutnya, saat disapu dari atas ke bawah, akan memindahkan track lagu yang sedang dimainkan.

Lain lagi dengan tiga jari. Ketika Anda menggunakan tiga jari dari atas ke bawah, maka head unit akan mengaktifkan fitur Voice Recognition atau voice command. Namun, jika tiga jari dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya, maka ia akan kembali ke menu utama.

Terakhir adalah dengan empat jari. Gerakkan ke-4 jari Anda atas-bawah atau sebaliknya, maka display head unit non aktif. Namun jika Anda menyapu dari kiri-kanan atau sebaliknya, maka suara akan dimatikan alias mute.

Sumber: http://tips.autobild.co.id/read/2013/10/27/8813/56/15/Cara-Pakai-Head-Unit-Android-di-Toyota-Vios-Terbaru 

Baca Juga: ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
 

No comments for "Cara Memakai Head Unit Android di Toyota Vios Terbaru"