Daihatsu UFC-2 Penerus Daihatsu Xenia Terbaru

(UPDATE - 2014)
Daihatsu UFC-2 Concept

Dipastikan akan tampil di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, adik Daihatsu Xenia, UFC dikabarkan siap masuk jalur produksi. Selain itu, mobil yang disebut-sebut akan menjadi penerus Xenia ini juga akan disebut UFC 3 di IIMS 2014 nanti.

Foto Daihatsu UFC-2
Foto Daihatsu UFC-2

“Kalau di Jepang dikenal dengan UFC 2, di Indonesia akan dikenal sebagai UFC 3,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Daihatsu UFC 3 juga akan menjadi varian mobil yang benar-benar baru di Indonesia. “Dan sudah mendekati tahap produksi. Tunggu saja di IIMS 2014,” ucapnya.

Meskipun sampai saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana tampilan UFC 3 ini nantinya, namun diperkirakan bahwa tampilan MPV penerus Daihatsu Xenia ini nantinya tidak akan jauh berbeda dengan konsep Daihatsu UFC 2 yang telah diperkenalkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di ajang IIMS 2013 lalu.

Hadir dengan dimensi panjang 4.050 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.585 mm serta jarak roda sumbu roda mencapai 2.750 mm, UFC 3 ini juga akan tetap ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak hanya itu, MPV penerus Xenia ini juga akan hadir dengan dibekali mesin Multi Purpose Vehicle DOHC empat silinder berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi water cooled.

“Ke depannya UFC bisa menjadi bintang mobil kompak kapasitas tujuh penumpang, jika mobil ini diproduksi massal. Kapasitas mesin di bawah 1.500cc, serta fitur penunjang dan kenyaman yang diberikan, menjadi nilai jual lebih, mengingat masyarakat masih melihat sebuah mobil dapat menampung banyak otang, irit bbm, dan stylish,” papar Amelia tahun 2012 silam.

Kehadiran adik MPV Xenia ini tentu saja akan melawan Datsun GO+ Panca yang merupakan MPV murah dari Nissan Motor Indonesia.

Sumber: iotomotif.com

Foto Daihatsu UFC-2 Concept



Daihatsu UFC Generasi Penerus Daihatsu Xenia

Daihatsu memamerkan MPV masa depan untuk pasar Indonesia, Daihatsu UFC (Ultra Functional Concept), di Indonesia International Motor Show 2012. Prediksi kami Daihatsu UFC akan menjadi Daihatsu Xenia generasi berikutnya.
Daihatsu UFC
Daihatsu UFC

UFC yang Daihatsu maksud adalah Ultra Compact Fungsional (UFC). Mobil ultra kompak yang fungsional.

UFC berdimesin kecil dengan 6 jok (2+2+2). Namun, nantinya UFC versi produksi akan menganut 7-seater. Bisa dibilang bentuknya sangat stylish. Bodinya agak kembung dan tak banyak guratan seperti mobil konsep Daihatsu kebanyakan. Bagian grille-nya cukup lebar. Sementara bumper dan bodi samping terintegrasi. Tidak ada patahan di bagian itu.

Kedua pintu tengahnya diaktifkan dengan sistem elektrik. Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol pada layar sentuh di dashboard atau menarik tuas pintu, maka pintu akan bergeser ke belakang.

Nah, manfaat tidak tersemat pilar B ternyata membuat penumpang masuk dengan leluasa ke kabin penumpang belakang.

Menyelami interior, kabin penumpang didesain sebagai kabin serba guna. Pengaturan tempat duduk kedua dan baris ketiga diaktifkan dengan elektrik lewat layar sentuh di dashboard.

Jika ditekan, kursi kedua bisa maju ke depan dan memeluk belakang kursi depan. Sedangkan kursi ketiga dapat dilipat dan rata dengan lantai. Kondisi ini membuat ruang kabin belakang sangat luas.

Kedua pintu samping belakang UFC mengadopsi geser untuk memudahkan para penumpang mengakses kabin. Menampilkan grille besar dengan dimensi massif.

Ground clearance dibuat tinggi, sesuai dengan berbagai kondisi jalan-jalan di Indonesia. Garis-garis body terlihat seksi dan spoiler di belakang menambah kesan sporty.

Isyunya, UFC akan menjadi proyek kolaborasi kembali antara Daihatsu dan Toyota. Bahkan akan dimasukkan ke dalam proyek LCGC (Low Cost & Green Car) dari Pemerintah Indonesia.

Jika benar, maka dalam beberapa tahun ke depan UFC akan masuk jalur produksi di pabrik Daihatsu di Karawang. Mungkin 2 tahun lagi.


Mesin Daihatsu UFC
Untuk dapur pacunya, terdapat mesin berkapasitas 1.300 cc dengan empat silinder di bawah kap motor di bagian depan.

Karena masih berupa mobil konsep, Daihatsu UFC belum untuk dikomersialkan. Bahkan desain yang dimilikinya pun masih memungkinkan untuk dilakukan perombakan lagi.

"Daihatsu masih harus melakukan survei apakah desain dan spesifikasi UFC tepat sasaran di Indonesia, jika tidak ya akan diubah. Di IIMS kami hanya menampilkan inovasi konsep saja," jelas Product Specialist Divisi Penelitian dan Pengembangan Astra Daihatsu Motor Roy Sumando

Berapa kisaran harga Daihatsu UFC? Apakah tidak jauh beda dengan Xenia? Kita tunggu kehadirannya di tanah air.

Foto / Gambar Daihatsu UFC


Daihatsu UFC


Daihatsu UFC tampak belakang

gambar Daihatsu UFC




Daihatsu UFC seat

Daihatsu UFC dashboard

Daihatsu UFC dashboard-02

Daihatsu UFC interior


Klik gambar untuk melihat dalam ukuran besar

Source&images credits: detik.com , dapurpacu.com , mediaindonesia.com

6 comments for "Daihatsu UFC-2 Penerus Daihatsu Xenia Terbaru"

  1. keren abis, tapi sayang jok belakang cuma utk 2 orang, alangkah bgsnya klo didesign bisa 3 orang.
    mudah2an harganya lebih murah dari xenia

    ReplyDelete
  2. wah,....hampir aja ambil datsun go ,..yternyata ada yg lebik apik lagi,..lumayan buat perbandingan,..tpi ini emang keren banget klo emang harga nya terjangkau

    ReplyDelete
  3. Kapan produknya ready q pesen satu.

    ReplyDelete
  4. Kapan produknya ready q pesen satu.

    ReplyDelete
  5. Semoga nongol, lawan si lambang 3 sisi, sama2 XM Concept

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan kirimkan komentar anda...
Terima Kasih... :)