Toyota Mirai Mobil Masa Depan Tampil di GIIAS 2015

Mobil fuel cell Masa Depan, Toyota Mirai

Toyota Mirai akan ditampilkan di GIIAS 2015, 20-30 Agustus 2015. Mobil fuel cell tersebut sudah dipasarkan di Jepang dan Amerika Serikat.Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Toyota Astra Motor (TAM)  belum bisa memasukkan mobil berbahan bakar hidrogen itu karena dibutuhkan infrastruktur khusus.


"Belum dijual di Indonesia. Mirai baru dijual di Jepang dan California (AS), jadi pemasarannya masih terbatas karena kendaraan ini membutuhkan kesiapan infrastruktur untuk bisa memberikan suplai hidrogen supaya mobil ini bisa beroperasi dengan baik," ujar Vice President Director PT TAM, Suparno Djasmin, di Jakarta.

Pada pameran automotif tahun lalu Toyota pernah memajang mobil hidrogen, namun masih berbentuk konsep dengan nama FCV. Pada pameran kali ini Toyota membawa mobil fuel cell Mirai yang sudah versi produksi. Dihadirkannya Mirai dilatarbelakangi oleh keinginan Toyota untuk menunjukkan teknologi kendaraan ramah lingkungan. Hasil pembuangan Mirai hanya berbentuk air.

"Kami pajang sebagai bentuk komitmen Toyota terhadap produk yang ramah lingkungan, menggunakan bahan bakar yang terbaruka. Artinya hidrogen itu bisa dibuat beda dengan bahan bakar fosil yang suatu hari pasti habis," timpal Direktur Marketing TAM, Rahmat Samulo.

Toyota Mirai diperkenalkan di Jepang akhir 2014. Mobil sedan empat tempat duduk itu pernah diuji oleh Perdana Menteri Jepang dan digunakan oleh aktor laga Arnold Schwarzenegger sebagai safety car di ajang balap Nascar.


Harga Toyota Mirai
Sebagai informasi tambahan mobil tanpa emisi ini dibanderol mulai US$ 58.325 atau sekitar Rp 775,7 juta. Namun Toyota juga menawarkan berbagai program pembelian.

Pabrikan asal Jepang itu juga memberikan fasilitas gratis bahan bakar selama tiga tahun kepada pembeli. Mobil ini juga dilengkapi perangkat keselamatan Safety Connect dan peranti hiburan Entune, termasuk didalamnya aplikasi pelacak lokasi stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Toyota juga memberikan layanan Toyota Care dan dukungan kepada pemilik selama tiga tahun terutama dalam hal panggilan darurat. Sementara itu untuk penggantian dan garansi komponen sel bahan bakar diberikan selama delapan tahun atau 160.000 kilometer.

Toyota mengklaim, jangkauan jelajah Toyota Mirai mencapai 499,2 kilometer dalam sekali isi tangki bahan bakar. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya menurut Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat, mencapai 27,5 km/liter.

1 comment for "Toyota Mirai Mobil Masa Depan Tampil di GIIAS 2015 "

  1. Honda City Hatchback Akhirnya Resmi Meluncur di RI, Begini Penampakannya
    Cukup dinanti konsumen, Honda City Hatchback akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Peluncuran digelar secara virtual pada Rabu, (3/3/2021). Namun,... Baca selengkapnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan kirimkan komentar anda...
Terima Kasih... :)